Senin, 19 Desember 2011

Quiz Perdana

Quiz 1

1.Anda dapat mendefinisikan pemasaran dan fungsinya dalam banyak cara. Dalam kata-kata anda sendiri, jelaskan pemasaran pada seseorang yang belum pernah membaca topik ini.

Pemasaran adalah proses mengelola hubungan pelanggan yang mengguntungkan
Didefinisikan secara luas, pemasaran adalah proses social dan manajerial dimana pribadi atau organisasi memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran nilai dengan yang lain.
Dalam konteks bisnis yang lebih sempit, pemasaran mencakup menciptakan hubungan pertukaran muatan nilai dengan pelanggan yang menguntungkan
Jadi pemasaran itu merupakan proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan tujuan untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya
jadi pemasaran menurut kami adalah bagaimana cara seseorang mengkomunikasikan produk dan jasa kepada konsumen untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.
Fungsi-fungsi pemasaran adalah :
Pembelian
Penjualan
Pengiriman
Penyimpanan
Standarisasi
Klasifikasi
Pembungkusan
Penanggungan resiko
Pendanaan
Pengendalian informasi pemasaran (periklanan)

Jadi, setiap pemasar akan membutuhkan semua atau seluruh kegiatan tersebut.
Contoh : Tolak Angin
- Pembelian : Produsen akan mencari target pembeli / konsumen yang besar, karena jika pembelian sukses, produsen tolak angin tersebut akan mendapatkan laba yang besar.
- Penjualan : Ini adalah proses yang harus benar-benar diperhatikan, karena keberhasilan suatu perusahaan itu tergantung dari system penjualannya, jika penjualannya baik, maka perusahaan tersebut akan maju
- Pengiriman : proses ini memerlukan banyak biaya yang akan menjadi beban suatu penjualan, perusahaan tolak angin pun melakukan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan mancanegara
- Standarisasi : produk tolak angin telah melalui proses yang baik dan pabriknya pun higienis, dan ini menjadikan produk tolak angin telah terstandarisasi.
- Pembungkusan : karena telah melaui proses yg baik dan terstandarisasi, ini karena hasil dari kemasan tolak angin yang menarik dan bersih. Ini adalah sebagai bentuk penarik minat konsumen agar penjualannyapun baik.
- Pengendalian informasi pemasaran (periklanan) : iklan tolak angin telah dilakukan melalui media- media elektronik maupun media cetak. Ini adalah bukti kesuksesan produsen tolak angin dalam memasarkan produknya agar dikenal oleh semua konsumen di seluruh negeri.

2.  Apakah perbedaan antara kebutuhan, keinginan, dan permintaan? Jelaskan perbedaan kebutuhan dan keinginan antara produk-produk berikut: Hoka-hoka bento, Ipad, Coca cola.
Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera
keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas.
Permintaan adalah keinginan manusia yang didukung oleh daya beli.

 “Hoka Hoka Bento”
Kebutuhan manusia untuk memenuhi kelangsungan hidupnya dengan makan dan minum. Apabila manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan yang merupakan terpenting dalam hidupnya maka manusia tidak dapat mempertahankan hidupnya. Jadi kebutuhan akan makanan seperti hoka-hoka bento itu bisa saja tergantung setiap orang karena dengan makan nasi dengan berbagai lauk pauk sederhana sudah dapat memenuhi kebutuhan hidupnya  jadi hoka-hoka bento itu merupakan pilihan dan keinginan untuk memuaskan diri sendiri untuk mendapatkan makanan yang lebih enak .
“IPAD”

IPAD bukanlah sesuatu kebutuhan yang harus dipenuhi karena Ipad merupakan barang  pelengkap yang canggih dan praktis karena dengan menggunakan komputer saja kita dapat melakukan pekerjaan yang kita inginkan jadi IPAD merupakan suatu keinginan yang berupa gengsi.

“COCA-COLA”

COCA-COLA merupakan minuman bersoda yang bukan merupakan kebutuhan yang paling penting setiap orang karena dengan minum air putih saja kita cukup merasakan kesegaran karena COCA COLA merupakan minuman yang memiliki rasa  dan soda maka ini merupakan keinginan setiap orang untuk membelinya sehingga dapat memuaskan diri sendiri karena minuman tersebut memiliki rasa dan warna yang berbeda dengan air putih.
3.Apakah yang dimaksudkan dengan 5 orientasi manajemen pemasaran yang berbeda itu? Orientasi mana yang anda percayai akan di ikuti oleh perguruan tinggi UKRIDA ketika memasarkan program S-1?

5 Orientasi manajemen :

§  Konsep produksi
§  Konsep produk
§  Konsep penjualan
§  Konsep pemasaran
§  Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial
v  


·Konsep Produksi
Ide bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia  dan sangat terjangkau dank arena itu organisasi harus  berfokus pada peningkatan produksi dan efisiensi distribusi.

·Konsep produk
Ide bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan kualitas, kinerja, dan fitur terbaik dan oleh karena itu organisasi harus menguras energinya untuk membuat peningkatan produk yang berkelanjutan.

·Konsep penjualan
Ide bahwa konsumen todak akan membeli produk perusahaan kecuali jika produk itu dijual dalam skala penjualan dan usaha promosi yang besar.

·Konsep pemasaran
Filosofi manajemen pemasaran yang menyatakan  bahwa pencapaian tujuan  organisasi tergantung pada pengetahuan akan kebutuhan dan keinginan target pasar dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih baik daripada pesaing.

·Konsep Pemasaran berwawasan Sosial
Prinsip pemasaran yang menyatakan bahwa perusahaan harus mengambil keputusan pemasaran yang baik dengan memperhatikan keinginan konsumen. Persyaratan perusahaan, kepentingan jangka panjang konsumen, dan kepentingan jangka panjang masyarakat.


Menurut kami  orientasi yang cocok untuk UKRIDA adalah konsep pemasaran berwawasan sosial karena konsep ini  akan mencapai visi dan misi UKRIDA dimana akan memberikan manfaat bagi masyarakat dan konsumen. 

4.Nilai pelanggan adalah evaluasi konsumen tentang perbedaan antara keuntungan total dan biaya total ketika konsumen memesan buku dari pengecer online seperti gramediaonline.com
Apakah keuntungan total dan biaya totalnya?

keuntungan total lebih efisien ( tidak ada uang transport , tidak membuang- buang waktu).
biaya total (chain distributor) rantai distributornya panjang  sehingga biayanya bisa lebih mahal dari pada harga pasar seperti biaya pengiriman barang.


5. Bagaimana internet mengubah konsumen?Pemasaran?

Internet mengubah konsumen dengan memberikan dampak positif bagi  konsumen
·  Penggunaan internet telah mengubah pelanggan tentang kenyamanan, kecepatan, harga, servis, dan kemampuan membandingkan contoh toko online bhinnekha .com
·  Kini pelanggan dilengkapi dengan banyak informasi suatu hal yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai hasil dari informasi berkualitas  yang melimpah dan mudah diperoleh melalui internet.
·  Keputusan membeli barang didapat dari internet dengan mudah dan praktis
·  Pelanggan dapat mempelajari, merancang,memesan, dan membayar produk dan jasa, tanpa perlu meninngalkan rumah
·  Pengiriman dapat dilakukan secara delivery dengan pengiriman ekspers, mereka dapat menerima pembelian mereka dalam waktu kurang dari 24

Internet mengubah dunia pemasaran
Ø Internet marketing memenuhi tujuan-tujuan serta memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian secara online.
Ø  Menciptakan Produk dan Keuntungan Melalui Layanan Online Sendiri.
Ø  Memasarkan produk-produk baru dengan cepat melalui media internet.
Ø  Menarik konsumen dengan mudah dan cepat.
Ø  Membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan dan mitra pemasaran
Ø  Internet memberikan peluang baru yang menarik bagi pemasar.



http://sulaimantap.wordpress.com/2011/01/06/fungsi-fungsi-pemasaran/

http://www.slideshare.net/judhie/umn-sesi7-crm-hubunganpelanggan-dg-media-baru


1.Perencanaan strategis perusahaan adalah proses pengembangan dan mempertahankan kecocokan strategis antara tujuan dan kemampuan organisasi serta peluang pemasaran yang sedang berubah.
Langkah-langkah perencanaan strategis :






Pemasar harus melakukan hal diatas secara berurutan karena perencanaan strategis menentukan tahap perencanaan berikutnya dalam perusahaan. Perusahaan biasanya menyiapkan rencana tahunan dan jangka panjang berhubungan dengan bisnis perusahaan saat ini dan cara mempertahankan kelangsungannya . sebaliknya, rencana strategis melibatkan penyesuaian perusahaan untuk mengambil keuntungan peluang dalam lingkungan yang terus berubah.
Pada tingkat korporasi perusahaan  mulai memproses perencanaan strategis dengan mendefinisikankeseluruhan tujuan dan misinya,. Misi ini lalu diubah menjadi tujuan pendukung yang detail dan menuntun perusahaan secara keseluruhan . Berikutnya, kantor pusat memutuskan porofolio bisnis dan produk yang ternaik bagi perusahaan serta berapa banyak dukungan yang harus diberi kan untuk masing-masing bisnis dan produk tersebut.  Hasilnya, masing-masing bisnis dan produk mengembangkan rencana pemasaran serta rencana departemen lain yang rinci, yang mendukung rencana perusahaan. Maka, perencanaan pemasaran terjadi pada tingkatan unit bisnis, produk, dan pasar. Perencanaan pemasaran mendukung perencanaan strategis perusahaan dengan rencana yang lebih detail untuk peluang pemasaran tertentu.

2. 4 ekspansi produk :
Penetrasi pasar adalah strategi pertumbuhan perusahaan dengan meningkatkan penjualan produk-produk terkini pada segmen pasar saat ini tanpa mengubah produk.
Pengembangan pasar adalah strategi pertumbuhan perusahaan dengan menggali dan mengembangkan segmen pasar baru untuk produk perusahaan terkini.
Pengembangan produk adalah strategi pertumbuhan perusahaan dengan menawarkan produk modifikasi atau produk baru pada segmen pasar terkini.
Diversifikasi adalah strategi pertumbuhan perusahaan melalui pendirian atau akuisisi bisnis di luar produk dan pasar perusahaan yang terbaru.
Pilihan yang harus diambil adalah pengembangan produk karena perusahaan kecil tersebut menawarkan sejumlah fitur unik dengan memodifikasi produk yang sudah ada.


Lingkungan perusahaan
1.faktor demografi utama yang diperhatikan bagi yahoo.com adalah negara/lokasi  karena sebagai contoh  di china untuk beberapa portal internet dilarang masuk karena di khawatirkan akan menyebabkan peraruh buruk bagi pendudukanya yang akan meluas. Dan pihak portal harus memperhatikan data statistik yang ada karena dari data tersebut pihak portal dapat mengetahui bahwa lokasi mana saja yang tepat .



3 OVJ :
 Pendahuluan
Masyarakat dan budaya merupakan dwitunggal, dua hal yang dalam memahaminya tak bisa sparsial, karna keduanya berkaitan erat, budaya merupakan “anak kandung masyarakat” karena setiap budaya lahir dari pemikiran dan perilaku masyarakat. Serta tak mungkin ada kebudayaan tanpa masyarakat yang menjadi wadahnya.
Hadirnya globalisasi dalam kehidupan kita, membuat seluruh aspek mengalami perombakan, peningkatan atau perubahan. Menurut waters “ globalisasi berlangsung di tiga aspek kehidupan yakni perekonomian, politik dan termasuk budaya. Budaya diglobalisir. Didera globalisasi yang kuat membuat kebudayaan yang dahulu utuh kini mulai tak kokoh.
Media massa dapat kita sebut sebagai abstraksi nyata cultural universals karena media massa memunculkan gambaran- gambaran secara lengkap unsur- unsur kebudayaan( kesenian, bahasa, pengetahuan, politik, hukum, ekonomi, agama). Dan media massa sebagai alat dianggap memporakporandakan kebudayaan- kebudayaan (tradisional) yang telah ada dengan penciptaan budaya baru yakni budaya media yakni identitas baru yang dibangun oleh media.
Acara Opera Van Java Trans tv sebuah acara berkonsep soap opera baru merupakan wujud penciptaan “identitas”. Trans tv (seakan) sedang menjalan tugasnya sebagai agen kebudayaan dengan meracik kebudayaan tradisional dengan kebudayaan kekinian. Namun sebenarnya, bagaimana teori konflik dan fungsionalis melihatnya. Adakah sebagai pengemasan budaya tradisional dengan budaya popular untuk mempertahankan system budaya yang telah lama kita miliki dan atau semata trik media untuk pencapaian keuangan dan pembuatan budaya baru?
Media Massa= Media Budaya
Media Massa dengan berbagai potensi pesona mempengaruhi yang kuat membuat kita dikungkung selama 24 jam bersama media massa, baik berupa televisi, radio, video game, koran, majalah, internet dan lain sebagainya. Perkembangan tehnologi membuat kita semakin mudah mengakses media massa melalui “klik”, media cetak, radio, video game, dapat kita jumpai di internet secara online. Dan budaya seakan candu yang semakin sulit lepass dari aktifitas hidup kita.
Pengaruh media massa yang kuat dengan program- program yang ditawarkan membuat budaya massa bertransformasi menjadi budaya media. Media mengambil arena nya untuk menciptakan budaya lewat fashion, music, gaya hidup, dan lain sebagainya. Media massa tetap menjadi agen kebudayaan massa sekaligus menjadi agen bagi kebudayaan media yang dikhawatirkan dapat meruntuhkan perlahan budaya massa yang arif yang kita miliki.

Opera Van Java= Soap Opera ‘Wangi’ Jawa
Program OPERA VAN JAVA- yang dari awal kemunculannya hingga kini merebut perhatian pemirsa- merupakan kreatifitas mengemas budaya massa dengan budaya media yang komersial, budaya tradisional massa (jawa) diangkat dengan menarik dengan budaya media yakni menjual acara untuk rating dengan konsep acara semenarik mungkin.
Cerita yang variatif dan secara terus menerus ditayangkan serta muncul dan hilangnya karaketer yang berbeda dalam setiap episode membuat kita dapat menyebut opera van java sebagai “soap opera wangi jawa”, terlihat menyengatnya wangi jawa dari setting panggungnya yang sedemikian rupa dipersiapkan berbeda (disesuaikan dengan cerita yang diangkat) setiap harinya, dengan iringan pemusik jawa lengkap dengan sinden yang berpakaian adat jawa menyanyikan soundtrack (yang tidak harus lagu adat jawa, lebih sering lagu modern yang dinyanyikan/ diaransemen dengan gamelan jawa), lalu hadirnya dalang sebagai ‘sutradara’ yang mengantarkan pemirsa dengan prolog cerita sampai epilognya yang terasa sekali lodat dialek jawa, lalu wayang orang, pelakon cerita (komedi), persis seperti pertunjukanwayang _acara hiburan rakyat tradisional_.
OVJ (Opera Van Java) dalam persepektif fungsionalis
Opera Van Java dengan keunikan konsep acara asimilasi tradisional dan modern ini membuat banyak orang memilih ini sebagai alternative pilihan tayangan. Secara CONTINUE pemirsa menonton acara yang sedikit banyak member INFORMASI tambahan, acara komedi ini membuat pemirsa sedikit lupa atau rehat dari rutinitas kehidupan yang kadang membosankan, opera van java memang sangat ENTERTAINing. Hiburan yang menghibur akan membuat masyarakat semakin solid, korelasinya semakin baik keadaan jiwa seseorang akan membuat setiap pekerjaan yang dilakukan akan lebih baik dilakukan, dan ketika pembagian kerja dilaksanakan dengan proporsional serta seimbang membuat kohesi masyarakat semakin meningkat dan akan memobilisasi perubahan yang berarti
Namun ada hal yang seharusnya kita kritisi secara dalam, Komedi yang memperolok, melecehkan sesama, merendahkan serta makian kasar seperti terlihat pada program komedi Opera Van Java Sahur. Dalam beberapa episode, para komedian mengeluarkan kata-kata kasar, makian, pelecehan dan perendahan. “Maklum, cakep-cakep otaknya setengah” ujar seorang pemain dalam suatu tayangan atau kekerasa verbal, atau kekerasan non verbal seperti aksi saling dorong, saling pukul yang dimaksudkan untuk canda, yang membuat properties acara yang dibuatt dari gabus/ Styrofoam ( nampaknya kita pun perlu mengkritisinya, apakah Styrofoam yang digunakan ramah lingkungankah?) hancur. Ini adalah salah satu contoh budaya media massa “ paket hiburan lengkap yang menguntungkan secara financial, dengan tanpa memerhatikan dampak lain yang terkait dengan program yang di tawarkan.
OVJ (Opera Van Java) dalam persepektif konflik
Opera van java dengan ceritanya dan paket lengkap konsep menariknya juga merupakan industry budaya seperti adanya adegan kekerasan lelucon yang terjadi didalamnya, atau selipan iklan- iklan yang ada tak lain adalah agendsa industry, untuk membuat penonton tak kritis dalam melihat suatu tayangan acara menghibur sekaligus menghipnotis konsumen menjadi konsumen pasif yang hanya terlena dengan iklan yang ditawarkan oleh pemain opera van java yang banyak orang idolakan..
Kesimpulan
Seharusnya kita dapat menerima budaya sebagai sebuah nilai lengkap positif dan negative dan dengan kesadaran ini dapat membuat masyarakat ada pada tataran level yang baik. Budaya massa yang positive dipadu dengan budaya media yang cenderung mengejar rating dan keuntungan semata diperlukan kekrtitisan dalam memandang acara yang bukan hanya menghibur namun pula mendidik dan bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar